Tips Membuka Usaha Agar Lebih Cepat Sukses Dan Berkembang

Tips membuka usaha agar lebih cepat sukses dan berkembang. Masih ingat dengan kata-kata seorang pengusaha sukses, Bob Sadino bahwa “setinggi apapun pangkat yang kita miliki, anda tetap PEGAWAI. Sekecil apapun usaha yang anda punya, anda adalah BOSNYA”. Kata-kata motivasi tersebut bisa menjadi semangat untuk anda yang ingin merubah nasib tidak hanya sekedar menjadi karyawan namun juga mewujudkan impian merintis usaha sendiri.

Namun terkadang, yang terjadi anda sudah memiliki banyak perencanaan usaha tapi yang paling fatal adalah anda tidak pernah melakukan tindakan untuk mewujudkan perencanaan tersebut. Anda masih takut rugi dan gagal dalam memulai usaha.

Salah satu cara menghilangkan ketakutan membuka usaha adalah melakukan beberapa tips membuka usaha berikut :

  1. Buka usaha inovatif yang “Out Of The Box”

Mana ada pengusaha sukses yang tidak kreatif dan inovatif. Bukalah usaha inovatif yang “Out Of The Box” dan belum banyak pesaingnya. Kalaupun anda membuka usaha yang sudah ada, pastikan lakukan sesuatu yang “unik dan berbeda”dari pesaing anda.

Misalnya saja anda membuka usaha ekspedisi, anda bisa memberikan layanan pengiriman dengan paket maupun voucher tertentu untuk menarik banyak pelanggan. Biasakan diri anda untuk mengasah kemampuan berpikir menjadi lebih kreatif dengan mencari berbagai sumber dari internet, banyak membaca maupun melihat pengalaman pengusaha yang sudah sukses.

  1. Yakinkan niat dan tujuan anda untuk membuka usaha

Sebelum membuka usaha, pastikan anda memiliki fondasi awal yang berupa keyakinan sukses saat memulai usaha. Mulailah dengan lebih meyakinkan hati sebelum memutuskan jenis usaha yang anda inginkan. Dengan keyakinan niat dan tujuan awal anda inilah yang membuat anda tidak mudah goyah dan dikalahkan berbagai kegagalan ditengah jalan. Saat anda yakin sukses, anda tidak akan mudah menyerah dan terus gigih mendapatkan kesuksesan tersebut.

  1. Buatlah perencanaan jangka pendek dan jangka panjang

Lakukan perencanaan jangka pendek dan jangka panjang sebelum memulai usaha anda. Rencana jangka pendek terdiri dari apa saja yang anda lakukan dalam 3 bulan ke depan. Berapa omset yang anda targetkan, bagaimana anda bisa mencapai omset tersebut dan bagaimana pemasaran yang anda lakukan untuk menjangkau banyak orang.

Sedangkan perencanaan jangka panjang meliputi apa saja trik yang bisa anda lakukan saat menghadapi berbagai rintangan dan kegagalan, bagaimana mengatasi penurunan omset dan bagaimana mempertahankan klien agar tetap melakukan pembelian bahkan referal.

  1. Fokus hanya pada satu usaha dulu

Karena anda baru mulai merintis usaha, lebih baik anda fokus hanya pada satu usaha agar dapat berkembang dan maju lebih besar, baru anda bisa menggandakan keuntungan dengan memulai usaha dibidang lain. Fokus anda juga bermanfaat untuk membuat anda memberikan waktu dan pikiran yang lebih pada usaha anda tersebut.

  1. Belajar dari pengusaha yang sudah berpengalaman dan minta evaluasi

Selain belajar dari internet maupun memperbanyak bacaaan seputar usaha yang anda jalankan. Anda juga bisa belajar dari pengusaha yang sudah pengalaman dan mintalah evaluasi darinya. Jadilah orang yang selalu terbuka terhadap berbagai kritik dan nasihat orang lain. Selain evaluasi diri dengan mencari tahu kelemahan/kekurangan anda, pastikan anda juga meminta evaluasi dari karyawan apa yang perlu anda ubah dari kepemimpinan yang anda lakukan untuk memajukan dan mengembangkan usaha bersama.

  1. Pilihlah jenis usaha dari kecintaan/hobi anda

Karena anda baru memulai usaha, pilihlah jenis usaha dari kecintaan/hobi anda. Misalnya saja hobi anda bermain musik, maka anda bisa membuka usaha yang berhubungan dengan musik, entah membuat pelatihan musik maupun dengan membuka toko alat musik. Atau kalau anda hobi memasak, anda bisa membuat usaha catering kecil-kecilan maupun membuka restoran, tergantung besarnya modal yang anda miliki.

  1. Gigih dan Jangan Mudah Putus Asa

Gigih dan tidak mudah putus asa adalah mental yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha baru. Karena saat merintis usaha, anda pasti akan menemui beberapa tantangan maupun halangan, bisa juga tantangan anda berupa kegagalan. Namun jika sejak awal niat dan keyakinan anda untuk sukses, maka kegagalan bukanlah hal yang akan menghentikan langkah anda. Justru setiap kegagalan akan menjadi pengalaman dan pelajaran berharga untuk mengembangkan dan memajukan usaha yang anda jalankan.

  1. Siapkan modal usaha dan buat cadangan keuangan

Buatlah usaha sesuai dengan modal yang anda miliki. Jangan memaksakan diri untuk membuat usaha besar saat modal anda memang tidak mencukupi. Buatlah usaha sesuai dengan modal dan kecintaan anda akan sesuatu. Anda bisa dapatkan modal usaha dari dana pribadi maupun dari hasil patungan. Bila hasil patungan, pastikan semua perjanjiannya diatur secara jelas, hitam diatas putih, agar tidak terjadi kesalahpahaman maupun orang yang merasa dirugikan.

BACA JUGA :

9. Jangan cepat puas, terus lakukan inovasi usaha

Usaha besar dan sudah berjalanpun kalau tidak ada inovasi didalamnya perlahan pasti akan mengalami kerugian maupun kemunduran. Justru usaha yang masih kecil namun terus melakukan inovasi dengan memperbarui produk dan layanan akan bisa berkembang dan maju. Jadi saat anda sedang merintis usaha, jangan cepat puas dan terus lakukan inovasi dalam jangka waktu tertentu. Misalnya dalam 3 atau 6 bulan sekali, lakukan inovasi untuk memperbarui produk maupun layanan usaha anda.

  1. Manajemen diri yang baik

Seorang pengusaha harus memiliki manajemen diri yang baik terhadap dirinya sendiri agar dapat memanajemen usaha yang akan dirintis. Manajemen diri yang baik meliputi kedisiplinan anda untuk membuat perencanaan jangka panjang dan pendek, bagaimana anda mengelola keuangan dan bagaimana anda mengendalikan setiap pengeluaran yang anda lakukan.

  1. Carilah SDM yang tepat

Bisnis anda tidak akan jalan tanpa SDM yang tepat. Karena berjalannya sebuah bisnis membutuhkan orang-orang yang memang tepat dan ahli dalam usaha yang anda rintis. Carilah SDM yang punya jalan pikiran yang sama dengan anda dan bisa membantu anda untuk mengembangkan dan memajukan usaha yang sedang anda rintis bersama. Atau ada baiknya juga anda mencari SDM yang punya pengalaman dengan usaha yang akan anda jalankan. Dengan mendapatkan SDM yang tepat inilah, anda bisa bertukar pikiran dengannya bagaimana untuk mengembangkan dan memajukan usaha anda, mulai dari bagaimana cara anda memasarkan dan menjangkau target market anda.

  1. Catat semua hal yang anda pelajari dan selalu perbaiki kesalahan yang anda lakukan

Catat semua hal penting yang anda dapat. Mulai dari nasihat orang lain hingga tantangan/permasalahan yang anda hadapi dan bagaimana anda mengatasi permasalahan serta mengelola usaha anda. Catatan ini bermanfaat untuk anda jadikan buku yang bisa anda pelajari kapanpun saat anda menghadapi permasalahan yang sama maupun untuk anda wariskan pada penerus usaha anda.

  1. Tingkatkan keterampilan/skill anda

Sebelum memulai usaha, cobalah untuk meningkatkan keterampilan/skill anda dalam usaha yang akan anda buka. Dengan skill yang anda miliki inilah yang semakin memudahkan anda mendapatkan kesuksesan usaha yang akan anda lakukan. Anda bisa manfaatkan keterampilan yang anda miliki untuk melakukan inovasi pada usaha yang anda lakukan. Banyaknya inovasi yang anda lakukan pada usaha tersebutlah yang akan semakin memudahkan anda dalam mengembangkan dan memajukan usaha yang akan anda rintis.

  1. Tentukan target market

Tanpa target market yang tepat, penjualan anda tidak akan berjalan. Karena target market yang tepat adalah kemudahan anda untuk mendapatkan banyak pelarisan/pelanggan. Contohnya saja jika anda sudah membuat usaha toko alat musik, maka carilah tempat usaha strategis yang dapat menjangkau target market anda sebanyak-banyaknya. Ataupun cobalah untuk mencari bagaimana cara yang tepat untuk memasarkan usaha anda agar dapat dijangkau target market.

  1. Lakukan tindakan

Hal paling penting dari bisnis adalah “memulai”. Karena terkadang, anda sudah membuat banyak perencanaan namun tidak pernah bertindak. Terkadang anda sering ragu dan takut karena berbagai resiko kegagalan dan kerugian. Jika sejak awal anda yakin untuk sukses, maka anda tidak akan pernah ragu dan takut dengan berbagai resiko kegagalan dan kerugian.

Itulah beberapa tips membuka usaha agar sukses dan berhasil. Selain melakukan beberapa tips tersebut sebagai usaha lahir dalam memulai usaha, pastikan juga anda mengimbanginya dengan usaha batin (spiritual) berdoa pada Allah minta agar selalu dilancarkan dan disukseskan setiap usaha yang anda lakukan.

Berikut adalah doa memulai usaha yang bisa anda lakukan :

  1. Doa agar usaha sukses dan berkah mendapatkan banyak pelarisan/pelanggan

Untuk membuat usaha dagang yang baru mulai anda rintis agar segera mendapatkan kesuksesan dan keberkahan dengan mendapatkan banyak pelarisan, anda bisa amalkan doa berikut :

“Inna nahnu nazzalna adz zikra wa inna lahu lahafidhun”

Artinya : Sesungguhnya kami telah menurunkan Al Qur’an dan sesungguhnya Al Qur’an telah dijaga”

Cara untuk mengamalkannya :

  • Baca doa tersebut saat anda akan membuka/memulai usaha dagang dengan fokus dan niat agar dagangan anda laris dan banyak pembeli.
  • Baca dalam hati sebanyak 3 kali dengan tarik nafas dan tahan lalu hembuskan ke dagangan anda, rasakan doa tersebut layaknya menyatu dengan alam.
  1. Doa agar usaha mendapatkan keuntungan yang besar

“Allahumma inni as aluka tarzuqoni rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dhoirin walaa nashabin innaka a-laa kulli syai-iin qodiir”

Artinya : Ya Allah aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik dan tanpa repot, tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.

Cara untuk mengamalkannya :

  • Anda cukup mengamalkannya doa tersebut setelah sholat fardhu, shalat hajat dan tahajud dengan niat sebagai ikhtiar dalam mencari rezeki yang berkah dan melimpah untuk usaha dagang anda.

Demikian usaha lahir dan batin yang bisa anda lakukan saat akan memulai usaha agar usaha yang anda jalankan dapat sukses dan lancar. Kuncinya hanya keyakinan dan ketekunan anda dalam merintis dan menjalankan usaha. Semoga apapun usaha yang sedang anda rintis dan jalankan selalu dipenuhi keberkahan, mudah mendapatkan banyak pelarisan dan keuntungan. Aamiin.